WELCOME TO MY BLOG
FAQIH MUTA'ALIM

Sabtu, 07 November 2015

7 Perkara yang lebih Besar daripada Dosa

Segala perbuatan tercela yang tidak sesuai dengan syariat Islam akan mendapatkan dosa. Besar kecilnya dosa tidak dapat diukur oleh manusia, hanya Allah SWT yang berhak atas segala perbuatan kita.
Kita manusia tidak dapat menghitung dosa yang kita terima. Alangkah lebih baiknya kita tidak melakukan perbuatan dosa karena yang kita kira dosa kecil barangkali akan menjadi dosa besar yang ditimpakan pada kita.
Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu pernah menguraikan adanya beberapa hal yang lebih besar daripada dosa. Demikian pula Ibnul Qayyim Al Jauziyah dan para ulama lainnya.
Berikut ini adalah tujuh perkara yang lebih dosa daripada dosa :
• Meremehkan Dosa
Jangan sekali-kali meremehkan dosa, dosa sekecil apapun itu, hal sepele apapun yang menimbulkan dosa, sebaiknya jangan pernah meremehkannya. Hal itu malah akan membuat dosa yang lebih besar.
• Bangga setelah berbuat dosa
Apa yang perlu dibanggakan dari dosa? Siapa yang bahagia setelah berbuat dosa? Ketahuilah, gembira setelah berbuat dosa adalah lebih dosa dari dosa itu sendiri.
• Merasa Aman dari Allah SWT saat Berbuat Dosa
Merasa aman dan tidak diawasi oleh Allah SWT saat berbuat dosa adalah perbuatan yang lebih dosa daripada dosa yang ia kerjakan itu.
• Merasa Aman dari Akibat Buruk Dosa
Merasa aman walaupun berbuat dosa, tidak merasa salah setelah berbuat dosa. Merasa aman di alam kubur dan tidak takut akan siksa neraka, adalah lebih berdosa daripada dosa yang ia perbuat.
• Memamerkan Dosa
Siapapun yang memamerkan dosa yang telah diperbuat, maka ia akan lebih berdosa daripada dosa yang ia lakukan sendiri.
• Mengajak Orang Lain untuk Berbuat Dosa
Sungguh besar dosa orang yang mengajak orang lain untuk berbuat dosa. Cukup diri sendiri yang berdosa, jangan ajak orang lain untuk berbuat dosa pula.
Menyesal tidak bisa Berbuat Dosa
Poin ketujuh ini adalah yang paling buruk
• Menyesal ketika tidak jadi melakukan dosa.
Hal ini sungguh-sungguh lebih berdosa daripada dosa yang akan dilakukan sendiri.
Itulah ketujuh hal yang lebih dosa daripada dosa, jangan sampai kita termasuk golongan orang-orang seperti itu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar